Senin, 16 September 2013

Indikator pengingat pada kendaraan Toyota

Setiap Kendaraan Toyota dilengkapi dengan indikator pengingat yang terdapat pada meter kombinasi yang terdapat pada dashbor sebagai informasi awal apabila terjadi malafungsi (tak berfungsi) pada suatu bagian kendaraan sehingga memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Cara Kerja Indikator Pengingat

Secara umum cara kerja indikator pengingat adalah jika kunci kontak kendaraan diputar ke posisi ON, lampu indikator akan menyala, kemudian setelah mesin di start, lampu indikator akan mati. Ada pula beberapa lampu indikator yang akan mati setelah beberapa detik kunci diputar ke ON walau mesin tidak dihidupkan, misalnya lampu pengingat airbag (jika kendaraan dilengkapi airbag).
Jika terjadi masalah pada salah satu bagian kendaraan atau salah satu bagian kendaraan belum pada posisi yang seharusnya, lampu indikator akan tetap menyala atau berkedip setelah mesin di start atau sesudah kendaraan berjalan. Segera periksa kondisi kendaraan anda, dan jika perlu segera hubungi dealer Toyota anda untuk ditindaklanjuti.

Area Indikator pengingat

Terdapat tiga area yang dicakup oleh indikator pengingat, yaitu area sistem permesinan, area sistem pengereman, serta area eksterior & interior kendaraan.

A. Area sistem permesinan

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan malafungsi  di area sistem permesinan, seperti indikator peringatan sistem pengisian, indikator  peringatan tekanan oli mesin rendah, dan lainnya.  Berikut contoh penjelasan fungsi indikator untuk area sistem permesinan, yaitu indikator peringatan tekanan oli mesin rendah.

Penyebab lampu menyala,

Lampu ini menandakan jika tekanan oli mesin terlalu rendah, maka lampu mungkin sesekali berkedip ketika mesin idling atau mungkin menyala ketika jumlah oli kurang atau sistem sirkulasi oli terhambat. 

Dampak,

Jika lampu indikator menyala dan pengendara tetap menjalankan kendaraan, akan mengakibatkan komponen mesin aus sehingga dapat merusak mesin. Segera berhenti dan matikan mesin, jangan menjalankan kendaraan meskipun hanya jarak dekat, selanjutnya hubungi dealer Toyota anda.

B. Sistem pengereman

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan malafungsi di area sistem pengereman, seperti indikator peringatan sistem rem dan indikator peringatan 'ABS'. Berikut ini contoh indikator untuk area sistem pengereman, yaitu indikator peringatan sistem rem.

Penyebab lampu menyala,

Lampu ini menandakan rem tangan masih kondisi ditarik / belum dibebaskan atau dapat pula menandakan jumlah minyak rem kurang walaupun rem parkir telah dibebaskan ketika mesin dihidupkan.

Dampak,

Jika lampu indikator menyala karena rem tangan masih belum bebas mengakibatkan beratnya tarikan kendaraan dan habisnya kanvas rem belakang serta dapat pula menyebakan rusaknya tromol rem belakang. Sedangkan jika minyak rem kurang menyebabkan tidak pakemnya rem saat diinjak, sehingga dapat membahayakan dalam berkendara. Segera hubungi dealer Toyota anda jika lampu rem tetep menyala walaupun rem tangan sudah dibebaskan.

C. Area interior & eksterior

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan malafungsi di area interior dan ekterior, seperti indikator peringatan sabuk keselamatan pengemudi, peringatan lampu pintu terbuka, dan lainnya. Berikut ini contoh untuk area interior dan eksterior, yaitu indikator peringatan sabuk keselamatan pengemudi (jika kendaraan dilengkapi indikator peringatan sabuk keselamatan pengemudi).

Penyebab lampu menyala,

Lampu ini menandakan sabuk keselamatan pengemudi tidak dikenakan.

Dampak,

Jika dilakukan pengereman mendadak atau terjadi benturan akibat kecelakaan, pengemudi akan mengalami benturan langsung dengan area interior kendaraan atau terkena benturan yang lebih dekat dengan airbag, hal ini dapat mengakibatkan luka yang lebih fatal bagi pengemudi.

PENTING !!

1. Simpan nomor-nomor penting yang dapat segera dihubungi (wiraniaga, staff bengkel,dll) dalam keadaan darurat.
2. Lakukan pengecekan rutin di bengkel resmi Toyota untuk memastikan seluruh indikator keselamatan pada kendaran berfungsi dengan baik.
Tidak semua kendaraan toyota memiliki indikator yang sama, tergantung dengan jenis kendaraannya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada buku pedoman pemilik kendaraan Toyota anda dibagian indikator pengingat servis.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar