Selasa, 26 November 2013

Teknologi Katup terbaru di Toyota Indonesia

Teknologi katup ini terdapat di Toyota Nav1. Teknologi ini merupakan salah satu faktor penting terciptanya pembakaran yang sempurna untuk mencapai performa yang diinginkan terhadap kendaraan anda. Sistem mekanisme katup mesin Toyota di Indonesia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Mulai dari katup OHV, SOHC, DOHC, VVT-i sampai Valvematic.
Nah, berikut adalah perkembangan jenis mekanisme katup OHV (Overhead Valve) sampai kepada teknologi terbaru yaitu Valvematic pada Toyota Nav1.

A. OHV (Overhead Valve)
OHV adalah jenis mekanisme katup yang digunakan pada permulaan teknologi mesin Toyota di Indonesia. Sistem katup OHV masih menggunakan banyak mekanisme yang dapat mengurangi efisiensi kinerja katup.
Waktu bukaan katup dan besar bukaan katup adalah fix dan belum menggunakan sistem komputerisasi. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 107ps.

B. SOHC (Single Overhead Valve)
Waktu bukaan katup dan besar bukaan katup pada SOHC adalah fix. Namun pembukaan lebih responsif dan jumlah katup bisa lebih banyak, karena berkurangnya jumlah mekanisme yang dapat mengurangi efisiensinya. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 109ps.

C. DOHC (Double Overhead Valve)
Cara kerja katup DOHC ini lebih responsif dari SOHC, jumlah katup lebih banyak dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 122ps.

D. VVT-i (Variable Mekanisme Valve Timing-Intelligent
Siatem VVT-i adalah jenis mekanisme katup yang digunakan pada teknologi EFI. Waktu buka tutup katup "masuk" ini bervariasi dan lama pembukaan katup selalu sama. Misalnya pada saat putaran mesin rendah, waktu buka katup masuk akan diperlambat.
Dengan cara kerja katup ini tidak banyak bahan bakar dan udara yang terbuang dan kinerja mesin lebih optimal. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 136ps.

E. Dual VVT-i (Variable Valve Timing-Intelligent)
Jika proses VVT-i hanya mengatur kinerja katup "masuk", pada dual VVT-i mengatur kinerja katup "masuk" dan katup "keluar" (buang). Waktu buka tutup katup "masuk" dan "keluar" ini bervariasi dan lama pembukaan katup selalu sama.
Cara kerja dua katup ini adalah dengan mengurangi hambatan dari gas sisa pembakaran dalam mesin sehingga konsumsi bahan bakar irit, performa mesin meningkat (menambah tenaga dan torsi), dan emisi gas buang dapat diturunkan lagi. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 143ps.

F. Valvematic Katup
Valvematic adalah perkembangan teknologi katup terbaru di Toyota Indonesia. Teknologi mesin ini pertama kali ada di Toyota Navigator One (Nav1). Valvematic merupakan perkembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem Continous Valve Lift Control yang bekerjasama dengan sistem Valve Timing Control milik VVT-i.
Sistem kerjasama yang dipadu dengan VVT-i ini berupa waktu buka tutup katup "masuk" yang bervariasi, sedangkan besar bukaan katup disesuaikan oleh Valvematic sehingga pengaturan pembukaan katup masuk dan buang akan lebih presisi.
Pembukaan katup  maksimum valvematic ini juga lebih besar dibandingkan katup biasa. Dengan cara kerja tersebut valvematic dapat mengatur suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Sebagai contoh saat pedal gas diinjak secara mendadak pun, penyesuaian antara suplai bahan bakar dan bukaan katup tetap optimal. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000cc adalah kisaran 158ps.
Keunggulan dari teknologi Valvematic ini adalah :

1. Lebih hemat bahan bakar karena besarnya bukaan katup disesuaikan dengan kebutuhan
2. Engine output lebih besar, karena bukaan katup maksimum lebih besar dibandingkan katup biasa
3. Emisi gas buang lebih rendah
4. Engine response lebih baik pada saat menginjak pedal gas.

Perawatan kendaraan
Walaupun teknologi ini tergolong baru tetapi dari segi perawatan tidak ada bedanya dengan teknologi mesin lainnya. Teknologi ini dapat dijaga dengan melakukan perawatan berkala sesuai dengan jadwal perawatan yang ditentukan (berdasarkan pembacaan odometer atau interval waktu)
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi pada penjelasan sebelumnya menunjukkan inovasi perbaikan sistem pembakaran udara dan bahan bakar. Semakin baik kinerja katup menunjukkan hasil yang semakin baik juga pada pembakarannya. Hal ini dapat kita lihat dari angka ps (daya kuda) yang menunjukkan semakin meningkatnya kemampuan tenaga mesin.
Dampak dari teknologi mesin yang semakin canggih pada akhirnya menghasilkan performa mesin yang meningkat, konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan ramah lingkungan. Sehingga pada akhirnya membuat nyaman anda saat berkendara dan tentunya Toyota akan terus melakukan inovasi untuk pelanggan setia Toyota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar