Senin, 16 September 2013

Sejarah Toyota Kijang

Sahabat Toyota,

Toyota Kijang adalah termasuk salah satu mobil keluarga yang cukup melegenda di Indonesia.  Mobil yang saat ini anda kenal merupakan mobil Toyota Kijang Generasi ke 5. Sebagian mungkin sudah tahu sejarah dari Toyota Kijang ini, namun bagi anda yang belum tahu, kenali transisi Toyota Kijang Mulai dari Generasi pertama sampai saat ini.

Kijang Buaya 1st Generation (1977) terjual 26.806 unit

Kijang Buaya
Kijang buaya diluncurkan pertama kali pada tahun 1977 dengan bentuk yang sangat sederhana. Konsepnya pick up berbentuk kotak. Disebut Kijang Buaya karena bentuk kapnya seperti buaya yang dapat dibuka hingga ke samping, juga bentuk hidung/bonet nya yang mirip buaya.




Kijang Doyok 2nd Generation (1981) terjual 61.449 unit

Kijang Doyok
Toyota Kijang generasi kedua ini dirilis pada bulan September 1981. Meskipun bentuknya hampir sama seperti pendahulunya, namun untuk tekhnologi sudah banyak mengalami peningkatan. Bila pada kijang buaya menggunakan mesin 3k, pada kijang doyok ini menggunakan mesin 4k. Kendaraan ini mengalami penyempurnaan pada tahun 1982 dengan penambahan kunci pintu kanan. Tahun 1983 transmisi dan differentialnya mengalami penyempurnaan serta dilakukan penambahan booster pada sistem pengereman.


Kijang Super 3rd Generation (1986) terjual 525.615 unit

Kijang Super
Mobil ini beredar dipasaran pada tahun 1986 dengan bentuk yang lebih modern. Pada generasi ketiga ini Kijang menggeser konsepnya dari kendaraan angkut menjadi kendaraan penumpang. Pada generasi ketiga ini Kijang mengalami kejayaan sebagai mobil penumpang.

Pada generasi ini Toyota memproduksi dua type kijang, yakni type Kijang Super (1986-1992) dan Kijang Grand (1992-1996). Desainnya lebih halus dan manis. Selain itu diperkenalkan juga tekhnologi Full Pressed Body untuk menekan penggunaan dempul pada saat pembuatan mobil.

Toyota Kijang generasi ini juga memiliki banyak varian seperti LX, LSX, LGX (untuk chasis panjang), SX, SSX. SGX (untuk chasis pendek).


Kijang Kapsul 4th Generation (1997) terjual 452.017 unit

Kijang Kapsul
Kijang generasi ini memiliki design eksterior dan interior yang lebih aerodinamis. Dijuluki kijang Kapsul karena designnya berbentuk membulat seperti kapsul. Kendaraan ini dibuat dengan dua type mesin yaitu Bensin 1800cc dan Diesel 2500cc.

Toyota Kijang generasi 1997-2000 mesin bensinnya menggunakan karburator, barulah diatas tahun 2000 menggunakan mesin dengan sistem injeksi elektronik (Electronic Fuel Injection/EFI)


Kijang Innova 5th Generation (2004) terjual 486.423 unit per Juni 2013

Kijang Innova
Julukan Kijang generasi ini adalah Kijang Innova dengan perubahan model yang cukup drastis dan menjadi kendaraan dengan kategori kelas menengah. Bentuknya lebih modern dan futuristik.

Kijang Innova memiliki mesin 2000cc dengan VVT-I. Kendaraan ini juga dirancang dengan sistem DIS (Direct Ignition System)  dan merupakan penerapan tekhnologi pedal gas tanpa kabel (Thottle Control System Inteligent)



MOhon di share. semoga bermanfaat  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar