Senin, 26 Agustus 2013

Menjaga Cat mobil agar tetap berkilat

Toyota lovers,
Cat adalah mahkota bagi mobil anda. Menjaga cat mobil agar tetap cemerlang adalah penting, karena sebagus dan semahal apapun mobil anda akan terlihat buruk bila cat nya tidak terjaga dengan baik.
Berikut adalah hal-hal yang penting untuk anda perhatikan :
1. Air
    Air bisa berfungsi sebagai pembersih, namun bisa juga menjadi penyebab          kerusakan cat anda. Air bila tidak langsung dikeringkan, dan mengering dengan sendirinya bisa menyebabkan timbulnya jamur. Karena itu, disarankan untuk mencuci mobil anda di tempat yang tidak terkena sinar matahai langsung, agar air tidak mengering dengan sendirinya.
2. Debu
    Debu memang merupakan musuh utama cat mobil anda, sangat mustahil untuk menjaga mobil agar terhindar dari debu. Namun tidak disarankan untuk langsung mengelap mobil anda yang berdebu dalam keadaan kering, karena debu yang tergores langsung pada cat mobil akan menyebabkan lecet dab goresan. Untuk itu, disarankan agar menyiram terlebih dahulu dengan air, baru di lap. Karena hanya air yang dapat mengangkat debu pada cat mobil anda tanpa meninggalkan goresan.
3. Penutup Mobil
    Penutup mobil atau body cover memang ditujukan untuk melindungi mobil dari debu. Namun apabila bahannya tembus air, justru bisa menyebabkan air terperangkap diantara penutup mobil dan mobil anda yang akan menyebabkan jamur nyata terlihat begitu penutup mobilnya dibuka.
4. Sabun atau Shampo mobil
    Sebaiknya pilih sabun atau shampo mobil yang PH nya seimbang untuk cat mobil anda. Jangan menggunakan detergen karena akan membuat cat mobil anda kusam, juga tidak disarankan menggunakan sabun colek karena butiran pada sabun akan membuat cat mobil anda tergores.
5. Kotoran Burung
    Kotoran burung memiliki zat kimia yang bereaksi terhadap mobil anda. Bila dibiarkan terlalu lama melekat, akan menimbulkan bercak yang sangat sulit untuk dihilangkan. Segera bersihkan dengan air dan lap bersih.
6. Getah Pohon
    Untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung, anda seringkali memilih untuk memarkir mobil tepat di bawah pohon. Namun, perlu anda ketahui, getah pohon dan buah apabila terkena cat mobil bisa langsung bereaksi dan meninggalkan noda. Tidak masalah apabila anda langsung mencucinya dengan air, namun apabila dibiarkan terlalu lama, zat pada getah pohon atau buah tersebut bisa menembus pori-pori cat mobil anda dan meninggalkan bekas yang sulit hilang, bahkan dengan dipoles sekalipun.
7. Cairan pencampur air wiper
   Mencampurkan wiper fluid pada air pencuci kaca pada wiper memang dapat menghilangkan bekas minyak pada kaca mobil anda. Namun hati-hati karena cairan tersebut dapan merusak cat mobil anda. Pastikan cairan wiper anda aman untuk cat mobil.
8. Cairan Elektrolit Accu
    Cairan elektrolit pada accu juga memiliki efek yang berbahaya bagi cat mobil. Jangan terlalu penuh bila menambahkan air accu, karena apabila cairan tersebut meluber bisa merusak cat mobil anda, bahkan uapnya pun cukup berbahaya. Apabila cat mobil anda terkena cairan accu, segera bersihkan dengan air hangat, karena bila dibiarkan beberapa detik saja, dapat dipastikan anda harus mengecet ulang bagisn tersebut.
9. Minyak Rem
    Hampir sama dengan point di atas, minyak rem juga sangat berbahaya apabila anda tidak berhati-hati dalam menuangkannya dan terkena body mobil anda. Untuk menanggulanginya, cuci dengan air hangat sesegera mungkin.
LINDUNGI DENGAN WAX
Selain menghindari 9 hal di atas, wax juga diperlukan untuk melindungi cat mobil anda dari jamur. Hindari penggunaan wax yang berbahan fiber pada mobil baru atau repainting. Sebaiknya gunakan wax 2 minghu sekali. Bagi anda yang tidak punya banyak wakti, bisa datang ke salon mobil terdekat. Namun bagi anda yang suka berolahraga, ada baiknya menggoleskan sendiri wax pada body mobil anda. 
Semoga informasi di atas bermanfaat. Terimakasih telah bergabung di halaman Toyota Karawaci by Dina Queen. Untuk info seputar Toyota dan pemesanan unit baru bisa melalui e-mail :  dina.toyota@yahoo.com  atau Whats Up 0859 461 45 810. Atau melalui sms ke 0812 2006 1460

Tidak ada komentar:

Posting Komentar