Selasa, 15 Oktober 2013

TRANSMISI OTOMATIS TOYOTA

Apakah kendaraan yang anda gunakan sekarang bertransmisi otomatis ? Jika ya, mari kita ketahui arti kode transmisi dan cara penggunaan kendaraan transmisi otomatis yang anda gunakan untuk menghindari kesalahan pemakaian.

Kendaraan Toyota di Indonesia pada dasarnya memiliki 2 tipe. Line type dan gate type. Namun model terakhir yang menggunakan line type adalah Avanza 2006. Kendaraan Toyota di Indonesia sekarang menggunakan tipe transmisi gate type. Tipe transmisi gate type ini memiliki alur yang berkelok untuk menghindari kesalahan pengemudi memposisikan tuas transmisi. Tipe transmisi ini pada dasarnya memiliki kode P,R,N,D-3,2,L meskipun ada beberapa tipe kendaraan yang hanya memiliki beberapa kode sesuai dengan fungsi kendaraannya.

Yuk, kita simak pembahasan mengenai fungsi masing-masing kode transmisi otomatis dan cara penggunaannya di bawah ini :

P (Parkir) >> Transmisi (roda) dalam posisi terkunci (mobil tidak dapat bergerak dan di dorong) digunakan saat parkir.

R (Reverse / mundur) >> Posisi mobil bergerak mundur.

N (Netral) >> Posisi mobil dalam keadaan bebas koneksi antara transmisi dan mesin.

D >> Digunakan untuk berkendara dengan kondisi normal, transmisi pada posisi ini akan berpindah secara otomatis sesuai kecepatan kendaraan.

3 >> Digunakan untuk berkendara dengan kondisi normal, pada posisi ini transmisi otomatis akan berpindah sesuai kecepatan sampai kepada roda gigi ketiga.

2 >> Digunakan untuk jalan menurun (memberikan efek "engine brake") atau mendaki. Pada posisi ini, perpindahan transmisi dibatasi hingga roda gigi kedua.

L (Low) >> Digunakan untuk daerah yang berkontur jam curam (contoh : pegunungan) yang berguna menahan laju kendaraan (engine brake) atau mendaki. Perpindahan transmisi kendaraan dibatasi untuk roda gigi pertama saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar